“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Contoh Outline Seminar Hubungan Internasional



Haryo Prasodjo (09260012)
Judul :
“Dampak Kebangkitan Ekonomi  India Dalam Kerjasama India-ASEAN”
Rumusan Masalah:
Apa dampak yang disebabkan dengan majunya perekonomian India dalam hubungan kerjasamanya dengan ASEAN.
Pendekatan dan Teoritisasi :
Pendekatan yanhg digunakan mengunakan pendekatan liberalism dengan konsep perdagangan internasional dan teori interdepedensi yang mana, kerjasama yang terjalin antara India-ASEAN sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.
Metode penelitian:
Penulisan ini menggunakan metodologi eksplanasi, untuk menjelaskan permasalahan yang akan dibahas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan hanya dengan dua variable, yaitu variable independen dan variable dependen. Kebangkitan ekonomi India sebagai variable independen yang merupakan unit-unit analisa yang akan menjelaskan variable dependennya yaitu kerjasama India-ASEAN.






Outline Seminar Hubungan Internasional
Nama   : Waidatun Hasanah
Nim     : (09260139)
Judul:
Pengaruh Lobi Yahudi (AIPAC) Dalam Kebijakan Luar Negri Amerika Srikat Atas Konflik Nuklir Iran
Rumusan Masalah:
Bagaimanakah pengaruh dari pada lobi Yahudi dalam hal ini AIPAC dalam politik serta kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap isu nuklir Iran.
Pendekatan,
Dalam konteks ini penulis menggunakan pendekatan lobi dan diplomasi yaitu sebuah upaya yang dilakukan oleh kelompok kepentingan yahudi (AIPAC) dalam bentuk kerjasama antara Israel dan Amerika Serikat yang nantinya akan mempengaruhi kebijakan politik luar negeri pada negara Amerika.
 Konsep dan Teoritisasi :
Model konsep yang digunakan yaitu pressure groups  dalam hal ini akan berusaha menjelaskan adanya posisi suatu kelompok penekan yang berusaha untuk memberi pengaruh terhadap orang-orang yang memegang kekuasaan, dan tulisan ini juga menggunakan teori  the social function of religion bronislaw Malinowski.
Metode Penelitian :
Penulisan ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat eksplanatif yang melibatkan hubungan 2 variabel, yaitu dependent dan independent. Adapun teknik analisa data dilakukan secara kualitatif. Lobi yahudi merupakan variable independent yaitu variable yang akan menjelaskan kebijakan luar negeri Amerika serikat dalam kasus nuklir iran sebagi unit analisis atau variable dependent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar