“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Jenis Aliansi Keamanan


Oleh: Aghnaita Firdayanti 09260010



  1. Keamanan Eropa dan Kebijakan Pertahanan ( ESDP ) : merupakan aliansi keamanan luar negeri dan kebijakan keamanan dari Uni Eropa (UE) dan merupakan kebijakan Uni Eropa yang meliputi aspek pertahanan dan aspek militer .
  2. Dewan Perdamaian dan Keamanan : merupakan aliansi keamanan milik organ Uni Afrika yang bertanggung jawab atas menegakkan keputusan serikat,  Anggota dipilih oleh Majelis Uni Afrika yang mencerminkan keseimbangan regional di Afrika, serta berbagai kriteria lain, termasuk kapasitas untuk berkontribusi militer dan finansial kepada serikat.
  3. Keamanan Kolektif :  merupakan aliansi pengaturan keamanan, regional atau global, di mana setiap negara dalam sistem menerima bahwa keamanan satu adalah perhatian semua, dan setuju untuk bergabung dalam respon kolektif terhadap ancaman, dan pelanggaran untuk menangani berbagai ancaman yang mungkin terjadi.
  4. NATO : merupakan aliansi sistem pertahanan kolektif dimana negara-negara anggotanya setuju untuk pertahanan bersama dalam menanggapi serangan oleh pihak eksternal.
  5. Organisasi Keamanan Shanghai : merupakan organisasi keamanan bersama yang didirikan pada tahun 2001 di Shanghai oleh pemimpin China, Kazaksthan, Krygysthan, Rusia, Tajikistan dan Uzbekistan.
  6. Pakta Keamanan Kolektif : merupakan sebuah aliansi militer antar pemerintah yang ditandatangani pada tanggal 15 Mei 1992, dan pada tanggal 7 Oktober 2002 presiden Armenia, Belarus, Kazaksthan, Krygysthan, Rusia, Tajikistan dan Uzbekistan juga ikut menandatangani piagam taschent tersebut (merupakan nama lain dari Pakta Keamanan Kolektif)
  7. Uni Afrika : merupakan aliansi keamanan yang terbentuk dengan tujuan mencapai perdamaian dan keamanan di Afrika, dasar dibentuk karena untuk meneruskan Organisasi Persatuan Afrika.
  8. Uni Bangsa Amerika Selatan : merupakan aliansi yang membangun model baru setelah Uni Eropa termasuk mata uang bersama, parlemen, paspor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar