“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Me and International Bussines “Melihat Dunia Bisnis Internasional Melalui Bursa Efek”


Nama   : Koento Wijanarko
Nim     : 201010360311110

Terdapat banyak sekali bisnis-bisnis internasional yg dapat kita lihat dewasa ini, namun disini penulis melihatnya melalui hiru pikuknya transaksi-transaksi yang terjadi di dunia pasar global. Pengertian dari efek itu sendiri adalah suatu surat berharga yang bernilai serta dapat diperdagangkan. Efek dapat dikategorikan sebagai hutang dan ekuitas seperti obligasi dan saham.(Wikipedia.org)

Dalam perekonomian dunia seperti saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang berperan besar dalam pasar global tidak seperti dahulu dimana ekonomi banyak digerakan oleh pemerintah atau negara, sebenarnya itu tidak terlepas dari sebuah ideologi liberal yang menjunjung  tinggi kebebasan pribadi dalam ekonomi dan meminimalisasi peran pemerintah, namun hal tersebut merupakan sebuah politik dalam ekonomi guna mendukung pribadi secara penuh serta kebijakan yang selalau menguntungkan pihak pribadi, apa lagi dalam era seperti saat ini hampir setiap perusahaan mempunyai saham yang dimana hal tersebut akan membuat suatu persaingan dalam mekanisme pasar, inilah sedikit gambaran sebelum kita membahas lebih jauh tentang film Wall Street ini.

Tulisan yang saya buat ini adalah ilham setelah saya melihat film dari Wall Street. Wall Street adalah sebuah tempat dimana di dalamnya terjadi transaksi keuangan yang nilainya mencapai miliaran dolar AS setiap hari. Tidak berlebihan jika Wall Street disebut sebagai sentral atau pusat keuangan dunia.(forum.viva.co.id). Yang membuat saya tertarik membahas ini adalah bagaimana Wall street yang ada di Amerika Serikat sangat mempengaruhi seluruh perekonomian dunia bila terjadi “sesuatu” di bilik megah gedung mereka. Mungkin ini adalah bisnis internasional yang paling sangat menjanjikan, karena disini kita bermain saham yang hanya segilintir orang yang paham apa maksudnya, termasuk saya sendiri sampai sekrang belum mengetahui secara spesifik cara “permainan” ini.




Film ini memberikan banyak pengetauan tentang ekonomi global dan juga membuka mindstream  kita mengenai  orang-orang yang mengatur ekonomi dunia, berharganya waktu, dan berbahayanya meramal atau berspekulasi.Yang terpenting adalah mendapatkan mindset orang-orang yang kini menggenggam roda ekonomi dunia. Ekonomi satu negara dapat di seok-seokan oleh satu ulah dari investor. Satu perusahaan yang telah bertahan beratus-ratus tahun dapat luluh lantak dengan strategi mereka. Tetapi jika dikaitkan ke salah satu teori menjelaskan tentang perusahaan milik swasta dapat dibantu atau disubsidi oleh pemerintah, namun hal ini sangatlah dilematis jika kita mengetahui tentang “Moral Hazard” dimana pengusaha ataupun perusahaan yang mempunyai masalah finansial bisa memanfaatkan hal tersebut agar tidak terjadi kerugian dalam perusahaanya. Tetapi belakangan masyarakat mulai memprotes hal tersebut dengan dimotori Gerakan Occupy Wall Street. Gerakan Occupy Wall Street merupakan kesadaran baru terhadap ulah dari para spekulan yang telah sekian tahun mengendalikan perekonomian Amerika.

Cakupan dari bisnis internasional adalah sangat luas, yang sangat banyak sekali bisnis-bisnis yang kita ketahui yang kemudian bersifat internasional. Penulis melihat bursa efek yang terjadi saat ini adalah termasuk bagian dari dunia bisnis internasional yang tingkatannya paling atas.  Dan actor-actornya juga berada di tingkat paling tinggi yakni State.Dan kemudian muncul dari penulis untuk lebih dapat menggali lagi tentang apa itu bisnis internasional, dan apa itu dunia bursa efek.

1 komentar:

  1. Business is very important and serious question nowadays, so the article explains some moments of it. Pip in here http://www.proofreading-services.org Thanks.

    BalasHapus