“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

The second Image Reserved: The International sources Of Domestic Politic Peter Gourevitch

Nama   : Wahidatun Hasanah
NIN     : 09260139

Peter memulai pembahasan kali ini dengan pembahsan keterkaitan antara international relation dan politik domestik, dimana antara international relation dan politik domestik merupakan 2 buah cabang dalam ilmu politik yang sangat vital. Dalam International relation atau hubungan internasional ingin mencoba menjelaskan antara politik luar negeri dan politik international yang dalam konteks ini tidak lepas dari peranan politik domestik dalam negeri itu sendiri, sehingga jika kita membahas tentang sistem internasional maka secara tidak langsung kita akan membahas atau mengekplor dalam politik domestik. Domestic structure dalam “IR” adalah actor yang independent atau variable intervening, Bahkan sebagaina besar litelature menjelaskan  interaksi daripada sistem international dan domestic strukture merupakan international Concerns.
Ada beberapa variabel untuk menjelaskan strukture Domestik. dalam comparativist’s perspective  pada sebuah litelature dijelaskan
1.      Menggunakan strukture Domestik sebagai variable dalam menjelaskan Foreign Policy, disini kita harus menjelaskan bahwa domestik strukture mampu menjelaskan politik luar negeri suatu negara.
2.      Menggunakan strukture Domestik sebagai variable untuk menjelaskan Foreign Policy,dalam hal ini kita mengumpamakan orientasi politik seseorang dalam mengontrol sebuah negara, sehingga kita bisa mebuat perbedaan antara kuta dan lemah suatau negara dengan melihat ekonominya
3.      Menjelaskan keterkaitan antara domestik dan politik internasional sebagai representatif interkasi dalam analisis kategori baru, seperti transnational actor, konflik sebuah negara arena system terdahulu, maupun regimes, adajuga berupa kedaulatan.
Impact dari sistem international dan politik domestik.
            Ada 2 aspek penting pada sistem internasional:
1.      International State system atau sistem negara internasional
2.      Distribusi ekonomi atau ekonomi internasional
Disamping 2 kategiori tadi ada juga factor ekternal yang bisa membantu untuk menejelaskan seperti ideology dll.

Theori dependensi , core-pheriphery dan imperialism
Liberal development school
Transnational relation, modernization, dan interdependene school
Beberapa kategori tentang pengaruh ekonomi international pada politik domestik yang bisa mengkontruk penulisan tentang  aktor transnational dan modernisasi pada hubungan intrenasional.
Seperti Neo merkantilis dan state-centered marxists
Neo merkantilist di dengungkan oleh R. Gilphin “power and Multinational Corporation” dia menganggap bahwa pemerintah negara mempunyai kepentingan nasional seperti power, stabilitas dan kesejahteraan. Maka untuk bertanding dalam “regime international” negara harus memancapkan menghegemoni.kekuasaan sehingga perekonomian pun akan terproteksi. karena jika tidak ada hegemoni kekuasaan maka semua negara akan terkonstran dengan sistem.
sedangkanMarxist  menulis bahwa dalam ekonomi international biasanya bisa dilihat dari role politik dan juga institusi negaranya.
International state sistem
“great force to the international economic System in shaping the character of Domestic political structure”.
Mayoritas aspect sistem internasional akan nenjadi atribut bagi sistem negra. Tindakan anarki internasionla akan mengancam sebuah negara.


Disini P.Gourevitth mencoba menjelaskan tentang keterkaitan faktor-faktor Domestik dalam menentukan sukses tidaknya peranann diplomasi suatu negra  karena itu dibutuhkan strategi penyesuaianan dari faktor-faktor domestik guna memperoleh possisi dalam percaturan internasional karena pada hakekatnya penanganan masalah masalah domestik dengan dan melalui penyesuaian struktur dan kebijakan akan sangant menentukan kiprah berhasilnya foreigh policy suatu negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar