“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Tugas Politik Lingkungan



Oleh Haryo Prasodjo (09260012)
Beberapa poin yang saya dapatkan dari hearing antara warga dengan anggota DPRD Kota Batu yang berlangsung pada hari Kamis pukul 10.30 WIB dimulai dengan pemaparan ketua BAPEDA dan hearing sepuluh pertanyaan dan pendapat, mulai dari sepuh setempat, pengusaha minuman, petani, hingga pakar ekologi lingkungan sebagai perwakilan dari warga desa. Agenda ini dilakukan guna mendengarkan aspirasi warga dan mencari jalan keluar yang terbaik bagi kedua pihak (win-win solution).
·         Kecamatan, Kelurahan, Serta BAPEDA memberikan izin dan merekomendasikan kepada pengusaha untuk mendirikan cottage bukan hotel berbintang seperti yang direncanakan sebelumnya.
·         Warga setempat menolak karena kawasan tersbut merupakan kawasan konservasi sumber air, warga takut dengan dibangunnya Cottage tersebut dapat mencemari sumber mata air yang ada.
·         Sumber air Gemulo merupakan sumber air yang diwariskan pemerintah Belanda kepada warga setempat untuk digunakan bagi kemaslahatan masyarakat setempat, agar warga tidak lagi membuat sumur.
·         Sumber air Gemulo merupakan salah satu dari lima sumber air terbesar  yang ada diwilayah Batu.
·         Adanya perbedaan pendapat antara apratur pemerintah dengan warga setempat mengenai peta Sumber air.
·         BAPEDA berpendapat, bahwa kawasan yang akan dibangun tidak termasuk dalam kawasan konservasi sumber air.

·         Warga berpendapat bahwa tempat tersebut sudah masuk dalam kawasan konservasi sumber air, hal ini dapat dilihat dari peta yang dimiliki warga, bukti lain adalah keluarnya mata air, saat perataan tanah De Raja
·         Pakar Ekologi yang meakili warga berpendapat bahwa daerah Batu merupakan daerah permata yang mana tidak dapat asal membangun banggunan karena dapat merusak keseimbangan ekosistem yang ada.
·         Jika keseimbangan ekosistem tidak dijaga dari sekarang warga takut bahwa nantinya kota Batu akan mengalami krisis air bersih dan dampaknya tidak hanya akan dirasakan Kota Batu tapi juga semua wilayah yang termasuk kedalam daerah aliran sungai (DAS).
·         Kepala Camat setempat memberikan izin pembangunan dengan alasan guna membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.
·         Warga menuntut agar pembangunan cottage tersebut dibatalkan, belajar dari pengalaman Hotel Purnama, yang awalnya kecil namun lama kelamaan menjadi besar.

Pendekata Politik Lingkungan
·         Pada dasarnya lingkungan memiliki makna yang amat luas, hanya saja kebanyakan orang mengartikan lingkungan pada sebatas alam semata.
·         Hakikatnya, lingkungan adalah tidak hanya mencakup sebuah benda alam saja, namun juga apa yang ada didalamnya seperti lingkungan sosial, yang ada hukum didalamnya.
·         Secara politk lingkugnan masih terpinggirkan, belum ada kebijakan yang melihat pada dampak lingkungan.
·         Intervensi manusia dengan paradigmanya belum diikuti dengan kesadaran lingkungan.
·         Lingkungan masih diangap sebagai beban.
·         Pada dasarnya politik mengenai lingkungan sudah ada dalam draft, namun yang belum ada adalah aksi mengkampanyekan tentang lingkungan.
·         Dalam hal lingkungan, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, kita harus menariknya keluar dengan mendapatkan dukungan dari masyarakat luas, sehingga masalah lingkungan memiliki bergain yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar