“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Peter Gourevitch



Nama : Rangga Pramudya
NIM : 09260152


Menanggapi pendapat Gourevitch yang menyatakan jika hubungan antara politik Internasional memeiliki hubungan yang erat dengan domestik,itu semua tak lepas dari tujuan yang dimiliki Gourevitch yang ingin membuktikan bahwa seharusnya yang menjadi variabel dependen itu merupakan adalah kebijakan luar negeri sebagai katalisator di dalam dunia Internasional yang memiliki pengaruh terhadap politik di dalam negeri itu sendiri.
Untuk itulah diharapkan kita sebagai para aktor aktor dalam dunia politik diharapkan mampu secara baik dalam membedakan antara Hubungan Internasional dan keterkaitannya dengan politik domestik.Seperti halnya aspek aspek yang mempengaruhi pada tingkat domestik adalah kegiatan ekonomi seperti perdagangan bebas  dan perang yang biasanya berdampak terhadap sistem domestik di dalam negeri.
Namun Gourevitch lebih memilih fokus kepada pola pola koalisi rezim yang terpaku kepada kekuasaan sebagai variabel dependen dimana variabel ini yang mempengaruhi suatu negara dari waktu ke waktu membentuk perilaku pada saat tertentu untuk menentukan suatu kebijakan.Namun Gerschenkronian memeiliki pendapat bahwa negara negara di dunia merupakan sebuah negara industrial.Yang terkelompokkan menjadi negara industrial yang maju dan negara industrial yang tertinggal.Sehingga menimbulkan perbedaan dimana karakter dunia ekonomi berpengaruh terhadap hasil politik domestik.
Disebutkan sebagaimana oleh teori ketrgantungan bahwa semua negara negara kapitalis maju membuat sebuah sistem yang menentukan atau sebagai lawan untuk mempengaruhi pilihan rezim dan pembentukan koalisi terhadap pembangunan suatu negara.Namun Gourevitch tidak membenarkan pernyataan tersebut dengan alasan teori ketrgantungan tidak memeriksa tipe rezim dalam negara berkembang melainkan hanya terfokus pada sistem Internasional.
Disebutkan juga bahwa kaum liberal lebih menitik beratkan terhadap pentingnya hubungan Internasional yang bisa berpengaruh terhadap penentuan hasil internasional daripada peran dari negara itu sendiri.Karena Hubungan Internasional memiliki fokus terhadap tindakan aktor non negara sehingga mungkin variabel ini dinilai lebih efektif untuk menentukan hasil internasional.
Berikutnya Gourevitch meneliti pengaruh dari sistem negara internasional (distribusi kekuasaan) pada struktur politik domestik.Gourevitch juga membahas sebagaimana perang dapat berpengaruh terhadap keseimbangan kekuasaan.
Pada umumnya yang menjadi pokok permasalahan dalam pernyataan ini adalah sebuah keputusan dibuat berdasarkan orientasi kebijakan negara .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar