“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Metode Riset Dalam Metode Kualitatif dan Kuantitatif



Diketik kembadi dari materi kuliah Oleh: Haryo Prasodjo (haryoprasodjo@ymail.com)
Dalam memulai sebauh penelitian kita haru engerti tentang bagaimana sebuah logic dari sebuah penelitian itu dibangun. Yaitu dengan cara menentukan penelitian, dan untuk menetukan penelitian apa yang akan kita lakukan, kesemuanya tersebut tergantung dari dalam diri si peneliti. Yaitu dengan mengetahui apa yang sedang terjadi. Adapun perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif adalahs ebagai berikut. Dalam penelitian bentuk kuantitatif lebih bersifat mengukur, universal dan juga memungkinkan untuk peneliti lain mendapatkan hasil yang sama dengan apa yang kita teliti. Sedangkan dalam metode kualitatif lebih melihat pada dunia seperti orang lain mengalaminay, mengeksplorasi konteks yan glebih detail, proses yang lebih detail dalam dinamika sosial,  dan terakhir adalah penelitian yang sifatnya lebih fleksibel.
Adapun starting point dari keduany adalah sebagai berikut, kita harus memulainya dari adanya indikator dan juga variabel. Sebagai seorang peneliti yang profesional, kita tidak bisa langsung menuju kepada konsep. Dikarenakan dengan adanya indikator dan variabel, kit aakan mengetahui gejala-gejala indikator yang terdapat pada permuakaan maslah yang akan dan sedang kita teliti. Perhatikan alur bagan berikut:

Indikator – Variabel – Konsep

Seperti contoh:

Kemiskinan (konsep) – Income (indikator) – Kurang dari 1 Dollar per hari (Variabel).

Tugas dari seoarng peneliti adalah berupaya untyuk menjelaskan dua hubungan antara variabel yang mana kedua variabel tersebut ditentukan melalui variabel dependen dan independen. Seperti contoh pembangunan demokrasi dipengaruhi oleh pembangunan ekonomi ataupun sebaliknya. Adapun logic of research dari keduany adalah sebagia berikut:


Theory – Logical Education – Hypothesis – Varivication – Fact – Indution – Empirical Generalitation – Formulating Proposition.

Dalam penelitian kuantitatif kontek tidak akan menjadi begitu penting, adapun persoalan yang terdapat dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif adalah sebagai berikut:

Undertanding Kualitatif – Sujektif – Objektif – Kuantitatif Understanding.

Adapun kelemahan dari penelitian dengan jenis kuantitatif adalah sebagia berikut:

  • Hanya mengukur hal-hal yang kecil.
  • Meneliti manusia yang dinamis seperti halnya meneliti dalam ilmu pasti
  • Yang menjadi persoalan kemudian adalah, apakah data yang kita peroleh akan bermanfaat bagi masyarakat?
  • Sifat penelitian jenis ini akan lebih statis.

Selanjutnya adalah kelemahan dari penelitian dengan jenis kualitatif:

  • Penelitiannya lebih dan cenderung bersifat subyektif.
  • Tidak dapat ditentang ataupun dibandingkan (repetisi).
  • Sumber informasinya yang kurang akurat.
  • Hasil penlitian tidak dapat digenalisir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar