Persepsi Dalam Komunikasi (Pengantar Ilmu Komunikasi)

Persepsi dalam komunikasi dapat berupa rangsangan indrawi yang kita tangkap melalui obyek yang diintrepetasikan, intepretasi sendiri adalah sebuah proses menafsirkan obyek yang ada, persepsi manusia ada dua yaitu obyek lingkungan fisik dan obyek sosial.
Persepsi adalah proses menduga-duga yang sifatnya lebih kepada mencoba untuk menafsirkan lebih secara mendalam.
Prasangka adalah citra mental yang sifatnya kaku, yang itu yang berupa keputusan inti dari persepsi
Dua boyek persepsi manusia:
-Lingkungan fisik yang berupa pengindraan terhadap sesuatu.
-Lingkunan sosial yanglebih pada menangkap arti obyek-obyek sosial dari suatu kejadian.
Mcam-macam persepsi dalam komunikasi:
§  Persepsi pengalaman.
§  Persepsi selektif yang berupa tujuan, harapan, dan emosi.
§  Persepsi yang berupa dugaan.
§  Persepsi yang sifatnya sebagai evaluatif.
§  Persepsi kontekstual, yaitu persepsi yang memiliki kemiripan dan latar belakang yang sama..
§  Persepsi budaya(cultural bond)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar