“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Etika Dalam Komunikasi (Pengantar Ilmu Komunikasi)

Beberapa point berkenaan dengan etika dalam komunikasi, yaitu apa yang harus ada dalam setiap komunikasi yang berlangsung:
§  Truth (Kebenaran) artinya apa yang akan dan ingin disampaikan adalah benar apa adanya , tidak kurang dan tidak lebih, sama dengan apa yang ada secara fakta.
§  Sincerity (Tulus)artinya informasi yang disampaikan benar-benar memang ingin disampaikan tanpa dibarengi dengan maksud-maksud tertentu.
§  Friendship (Ramah) artinya, proses komunikasi yang berlangsung haruslah melihat tata cara kesopanan, artinya tidak dilakukan secara berlebih-lebihan seperti atasan keada bawahan , tapi lebih pada yang sederajat.
§  Serius (kesungguhan) artinya, komunikasi yang berlangsung haruslah benar-benar disampaikan secara detail dan serius, tidak dengan main-main, menghindari anggapan dari kebohongan informasi.
§  Poise (Ketenangan) harusnya apa yang ingin disampaikan,maka disampaikan dengan tenang tanpa harus tergessa-gesa.
§  Saling menghargai antara komunikator dengan komunikan.
§  Berbicara terang dan jelas agafr mudah dipahami dan dimengerti oleh lawan bicara.
§  Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
§  Selalu berpikiran positif tentang apa yang dikomunikasikan
5 hukum yang harus ada dalam komunikasi, REACH:
1.       Respect.
2.       Empathy.
3.       Audible.
4.       Clarity.
5.       Humble.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar