“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Komunikasi Internasional

  • merupakan kepentingan sebuah negara dalam berhubungan dengan negara lain .
  • Mencakup Tekhnologi,alat,ataupun media yang digunakan ( global-multilateral)
  • Bagaimana mengatur hubungan antar bangsa : adanya lembaga yang mengatur ex : PBB,ASEAN
  • Membahas apa yang dikominikasikan.
  • Merupakan sebuah kepentignan negara, sebagai kerangka pikir utama sebuah negara.
  • Berbicara tentang bagaimana peran media dan organisasi internasional.
Adapun beberpa tingkat dari kepentingan nasional suatu negara :
  • Ideologi (landasan Berfikir )
  • Ekonomi.
  • Keamanan.
Dalam hal ekonomi misalnya,apa yang diperdagangkan,bagaimana caranya.dalam hal ini kita bisa mengambil contoh seperti life style – olah raga sepek bola,adanya sponsor yang menepel di kaos pemain.
Dalam global broadcasting efek yang ditimbulkan adanya pengaruh yang ditimbulkan komunikasi.
Dalam konvensi internasional
  • Telegraf 1837.
  • Kabel Laut 1866.
  • Telepon 1876.
  • Nirkabel 1897.
  • Radio 1907.
Perkembangan tekhnologi informasi juga diiringgi dengan perkembangan ideologi politik negara-negara,maka komuikasi internasional jug aserign digunakan untuk mempengaruhi sekitar.
Setiap komunikasi memiliki tujuan,adapun dlam setiap forum internasional biasanya selalu didasari oleh kepentingan-kepentignan negara-negara maju dan dibalik itu semua ada kepentingan untuk mengikutkan budaya negaranya seperti contoh demokrasi,pasar bebas,dan lain sebagainya.subtansi dari komunikasi internasional adalah bahwa semua negara menyepakati dan mematuhi aturan yang berlaku.
Adapun beberapa pegertian dari komunikasi itu sendiri adalah :
  • Komuniksi sebagai proses interaksi.
  • Komunikasi sebagai proses transaksi.
  • Komunikasi sebagai proses kultural.
  • Komunikasi sebagai proses adaptasi.
  • Komunikasi sebagai proses akulturasi.
Komunikasi pada periode propaganda 1933-968 ,sebagai pertarungan ideologi antara komunisme melawan liberalisme,autoritarian melawan demokrasi dan nasionalisme melawan imprealisme.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar