“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Arti Penting Bali Process Bagi Kerjasama Australia-Indonesia Dalam Menanggulangi Imgiran Ilegal

Oleh: Haryo Prasodjo (haryoprasodjo@ymail.com)


Pertemuan yang ada dalam Bali Process, merupakan sebuah pertemuan yang secara rutin membahas menganai tujuan dari dibentuknya forum Bali Process beserta strategi yang akan digunakan oleh negara-negara anggota ke depannya dalam menangani masalah yang terkait dengan pengungsi dan imigran ilegal. Bagi Australia dan Indonesia, forum Bali Process merupakan sebuah forum yang ideal dan efektif dalam membangun kerjasama yang lebih efektif dan efisien antara kedua negara untuk mengatasi masalah pengungsi dan imigran ilegal yang ada di Australia. Hal tersbut dikarenakan, strategi dari Bali Process sendiri yang lebih memfokuskan pada kerjasama praktis untuk memperkuat menejemen imigrasi, perlindungan terhadap pengungsi, pengintegrasian perbatasan, dan juga meningkatkan langkahlangkah hukum dalam membangun kapasitas dan penegakan hukum yang ada. Baik Australia maupun Indonesia telah mencatat berbagai nilai strategis yang ada dari forum Bali Process untuk mempromosikan pendekatan yang lebih terkoordinasi sebagai upaya kedua negara dalam menangani maslaah imigran ilegal yang ada di wilayah keduanya.

Baik Australia dan Indonesia juga telah sepakat bahwa penyelundupan dan perdagangan manusia masuk ke dalam katagori tindak kriminal yang terus dikembangkan sesuai dengna arah dari Bali Process.  Forum Bali Process telah menjadi sebuah forum diskusi dan konsultasi antar Australia dna Indonesia serta negara-negara lainnya mengenai panduan kebijakan yang terus dikembangkan. Forum kerjasama Bali Process memberikan dampak positif bagi hubungan kerjasama antara Australia dan Indionesia dalam menangani masalah terkait dengan imigran ilegal. Forum ini telah membangun kemitraan antara Australia dan Indonesia melalui kerangka kerjasama yang sejalan dalam membentuk berbagai arah kebijakan dan implemetasi mengenai kasus pengungsi dan imigran. Melalui Bali Process, Australia dan Indonesia terus dituntut untuk dapat mengembangan program kerjasama dan pelatihan yang mempertemukan antara penegakan hukum dan ahli menejemen imigrasi dalam memperkuat keampuan masing-masing negara. Adapun program yang utama dari forum tersebut adalah mengembangkan kapasitas program pembangunan untuk petugas perbatasan yang berada di garis depan.[1]


1.                   [1] Dalam “Bali Process Strategy for Cooperation; 2014 and Beyond”, diakses melalui


Tidak ada komentar:

Posting Komentar