“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Sejarah Ekonomi India Pra Liberalisasi Ekonomi



Oleh: Haryo Prasodjo (haryoprasodjo@ymail.com)
Sejak lima puluh lima tahun dari kemerdekaannya sampai saat ini, India berjuang untuk melawan kelaparan dan kemiskinan. Penjajahan masa kolonial yang panjang memaksa India untuk berjalan memenuhi komoditas mentah untuk manufaktur di Inggris. Setelah India mencapai kemerdekaannya, untuk memperbaiki situasi dalam negeri pasca kemerdekaan kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah India adalah dengan melakukan kebijakan berbasis pasar yang dipimpin langsung oleh negara. Yang pada akhirnya  mengarah kepada intervensionisme dengan tingkat perlindungan yang tinggi bagi industri dalam negeri[1]. Banyak pemimpin-pemimpin negara di dunia seperti Nehru yang pada masa awal kemerdekaannya dipengaruhi oleh ide-ide sosialis yang meganjurkan intervensi pasar oleh pemerintah guna memandu laju perekonomian termasuk masalah kepemilikan akan industri-industri inti negara. 

Tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai tingkat perekonomian yang tinggi dan seimbang guna kepentingan umum diamana pada program-programnya menitik beratkan pada kesejahteraan dan menekan angka kemiskinan. Setelah kemerdekaannya pada tanggal 15Agustus 1947 Republik India menempel strategi sosialis pada sistem ekonominya. Resolusi kebijakan industrialisasi tahun 1948 memberikan tempat bagi pemerintah untuk memonopoli persenjataan, energi atom, rel kereta api, serta hak-hak eksklusif dalam pengelolahan mineral industri besi dan baja, pesawat terbang, kapal laut, serta industri telepon dan telegraf. Perusahaan swasta yang masih beroprasi saat itu setidaknya masih memiliki waktu sepuluh tahun lagi sebelum akhirnya diambil alih oleh pemerintah dengan dilakukannya program nasionalisasi.



[1] Dalam “History of Indian Economy”. India Text Bringing World Closer to India. http://indiatext.net/history-of-indian-economy/ . Diakses pada tanggal 3 Juli 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar