“Aku bersyukur dilahirkan di Indonesia, dimana senyum masih menjadi karakter, budaya masih apik terjaga, dan optimisme masih menyulut semangat. Aku berharap, anak-anakku kelak harus lebih bangga dariku dalam memandang dan memperjuangkan Indonesianya. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jayalah Selama-lamanya”

Pembentukan Visegrad Battle Group: Penyebab dan Dampaknya Bagi Keamanan Eropa dan Dunia



Bahan Kuliah Hubungan Internasional
Visegrad sendiri terdiri dari negara-negara seperti Polandia, Chekoslovakia, Slovakia dan Hungaria. Pada bulan Mei tahun 2012 Visegrad diumumkan sebagau pembentukan aliansi militer baru yang dinamakan sebagai Battle group, dan berlaku pada tahun 2016. Walaupun dalam kerangka NATO dan EU, pembentukan Battlegroup ini memiliki arti penting bagi negara-negara di kawasan Eropa yang tergabung dalam Uni Eropa.
Alasan Berdirinya
Alasan berdirinya battle group ini adalah karena melemahnya peran dari ada aliansi kemanan sebelumnya yaitu NATO. Yang mana berkurangnya soliditas antara anggota didalamnya (misal Jerman dan Francis). Selain itu adanya keinginan untuk dapat keluar dari dominasi Amerika Serikat. Hal ini tidak luput pula dari kelemahan managemen organisasi NATO yang terlalu banyak memiliki anggota. Terbatasnya resources yang ada di dalam organisasi keamanan NATO jgua menjadi alasan yang menjadi perhitungan negara-negara yang tergabung dalam battle group tersebut. Selain alasan-alassan tersebut terdapat juga beberapa alasan yang sifatnya politis dan ekonomi lainnya. Alasan didirikannya battle group ini juga terkait sebagai wahana untuk memperkuat eksistensi dan bargaining position Visegrad di Eropa dan dunia. Adanya pengaruh perubahan politik domestik dan internasional (berubah menjadi negara liberal demokratis, runtuhnya komunis dll) juga menjadi faktor ataupun isu pendorong terbentuknya group ini. Sarana mengikat diri sesama anggota V4, yang penuh dengan sejarah kelam (menekan aspek Enmity dari hubungan antar mereka) Juga sarana meningkatkan aspek Amity diantara anggota, termasuk untuk kepentingan ekonomi, sosial, politik dan keamanan. Mereka memiliki share nilai dan sejarah yg cukup banyak. Misal bekas negara komunis dibawah pengaruh Uni Soviet dll.

Dampaknya
Adapun dampak dari eksistensi Visegrad di Kawasan Eropa yang terus meningkat, demikian juga dengan bargaining positionnya, baik dari aspek ekonomi, politik dan keamanan adalah sebagai berikut. Kawasan Eropa mengalami peningkatan “friksi” antara beberapa negara dan kubu (misal Perancis, Jerman, Inggris, antara Eropa barat dan tengah, antara Eropa Barat dan bekas negara-negara komunis). Tercipta fleksibelitas dalam menangani masalah-masalah keamanan kawasan dan dunia oleh Negara-negara Eropa umumnya dan Visegrad khususnya. Tidak lagi terlalu tergantung pada NATO atau kongtrol AS. Visegrad muncul sebagai sumber kekuatan alternatif bagi Eropa dalam menyelesaikan masalah keamanan internasional dan kawasan.
Kelemahan
Dalam kontek perannya di dunia internasional, Visegrad belum banyak dikenal oleh negara-negara dan masyarakat dunia. Kesan bahwa Visegrad bekas negara-negara komunis, walau skrg sudah berubah total. Kemampuannya (secara ekonomi dan militer serta politik) masih jauh dibawah negara-negara besar di Eropa lainnya. Industri militer (teknologi) masih belum bisa mengatasi negara Eropa dan AS.
Penutup
Pembentukan Visegrad battlegroup merupakan fenomena menarik untuk diikuti dan diamati, bukan hanya dalam konteks bersatunya negara-negara “baru” pasca kejatuhan komunis, tetapi juga merupakan refleksi perkembangan Eropa dan dunia secara keseluruhan. Terbentuknya Visegrad battlegroup ini menandai munculnya “kekuatan (blok) baru” di Eropa. Terbentuknya Visegrad battlegroup tersebut akan sangat mempengaruhi peta kekuatan militer dan politik di Eropa khususnya dan juga dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar