Oleh: Jayanti Badariyan, Tiarasani S. Putri, Wahidatun Hasanah, Dwi A.L, Neny, Fidya Syamsul
I.
Latar Belakang
Memiliki usaha sendiri merupakan tujuan
setiap orang ketika lapangan kerja makin sedikit dan terlihat kurang pasti.
Dengan memiliki usaha sendiri, kita dapat menentukan arah dan tujuan dari usaha
tersebut hingga membuka lapangan kerja bagi orang lain.
Namun, dengan membuka usaha sendiri bukan
berarti segalanya dapat berjalan dengan lancer-lancar saja tanpa kendala.
Diawal pembentukan, kita sudah harus berfikir jenis usaha apa yang akan
digeluti dengan memperhitungkan persaingan yang ketat pula. Usaha yang
direncanakan harus sesuai dengan kebutuhan pasar.
Kami berencana membuka usaha yang bergerak
dibidang jasa makanan. Alasannya, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok
manusia. Setiap orang pasti membutuhkan makanan. Selain itu usaha makanan kami
anggap tidak ada matinya jika dapat melakukan inovasi-inovasi terhadap produk
yang kami tawarkan. Kuncinya, produk yang kami tawarkan higienis dan rasanya
bisa diandalkan dengan dikemas menarik.
Usaha makanan yang kami rencanakan yaitu
makanan atau tepatnya adalah Lumpia. Kami memilih lumpia Semarang sebagai usaha
bisnis, karena di Kota Malang belum banyak usaha lumpia Semarang. Seperti kita
ketahui, bahwa lumpia Semarang sudah terkenal kelezatannya oleh banyak orang,
dan kami mencoba menawarkan dengan bentuk yang lebih mini sehingga membuat
harga lebih murah, dengan tanpa mengurangi cita rasa asli lumpia dari Semarang.
II.
Tujuan
Bisnis
1.
Membuat usaha yang menyediakan kebutuhan
konsumen, berkenaan dengan kebutuhan akan jajanan yang berkualitas (bersih,
sehat, enak) dan harga sesuai.
2. Menyediakan jajanan yang menjamin kualitas
dengan memperhatikan bahan baku, proses
pengolahan hingga jajanan sampai ditangan konsumen.
3.
Menciptakan usaha yang tetap memperhatikan tanggung jawab terhadap
kelestarian lingkungan, dengan sebisa
mungkin menggunakan bahan dasar alami hingga turut memperhatikan pengolahan
limbah.
3.
Menciptakan usaha yang dapat meningkatkan kemampuan ekonomi bagi kami.
III.
Bentuk Usaha
Usaha jajanan Lumpia Mini Semarang menyediakan jajanan yang
berbahan baku Rebung, ayam, serta Udang sebagai Isinya. Jajanan lumpia yang
kami sediakan menawarkan beberapa variasi makanan yang menarik untuk dicoba.
Bahan baku utama Rebung, Ayam, dan Udang kami peroleh dari pasar traditional
yang bersal dari Malang, tentunya yang sudah kami seleksi kualitas dari Rebung,
Ayam, Udang tersebut. Namun kami juga memiliki alternative pemasok lain untuk
berjaga-jaga jika ada hal yang menghambat pasokan.
Untuk bahan pembuat kulit Lumpia, telur dan lain-lainnya,
kami menggunakan bahan yang sudah bermerk dan sesuai dengan usaha kami. Hal ini
kami lakukan dengan tujuan menjaga kualitas produk dan memberikan kepuasan
kepada konsumen. Lebih lanjut, tidak menutup kemungkinan untuk menjalin
kerjasama dengan pihak supplier bahan-bahan tersebut, jika dalam
perkembangannya usaha kami banyak diminati.
Kami menjual dua bentuk Lumpia, yaitu lumpia Basah dan lumpia
kering. Lumpia basah tidak perlu memerlukan penggorengan dalam penjualannya,
dengan maksud, jika ada konsumen yang ingin menggoreng sendiri di rumah kami
menyediakan lumpia basah tersebut di dalam Frozen. Lumpia kering memerlukan
penggorengan, dengan maksud jika ada konsumen yang ingin mencicipi langsung
Lumpia kering di Lokasi tempat kami
menjajakan. Lokasi yang kami pilih untuk membuat usaha ini adalah Pasar Minggu
di Kota Malang, dan Batu. Kami memilih pasar minggu karena efisien waktu, hanya
dihari minggu saja sehingga tidak mengganggu kegiatan kami lainnya, tetapi kami
juga menjual harian Lumpia mini ini, untuk dititipkan di sekolah-sekolah,
warung yang akan kami tentukan selanjutnya.
IV.
Manajemen Usaha
Produksi
Untuk mengawali dalam membuka usaha, kami
mencoba membuat 100 biji lumpia basah dan kering. Untuk media promosi, kami
memilih cetak leaflet untuk selanjutnya di Foto Copy. Kami juga akan
mengandalkan word of mouth yang
terhitung efektif dan tidak mengeluarkan biaya. Mengajak kenalan untuk mencoba
jajanan yang kami tawarkan dan meminta mereka untuk menyebarkan keunggulan
produk dan tempat kami.
Harga yang kami tawarkan sesuai dengan
produk jajanan. Harga berkisar dari Rp 3000 – Rp 4000. Dengan harga seperti
itu, maka jelas target market kami yaitu untuk semua kalangan, karena harga Lumpia Semarang
berkisar Rp. 9000,- jadi dengan bentuk lumpia mini yang kami tawarkan, tentu
akan mempermudah dalam penjualannya karena harga juga terjangkau.
Pemasaran.
Target pasar yang dituju adalah:
·
Penitipan
di Sekolah-sekolah
·
Penitipan di Warung dan Rumah Makan.
·
Penjualan di Pasar Minggu Kota Malang atau Batu.
Strategi Pemasaran :
·
Pada awal pemasaran, kami akan menjajakan
terlebih dahulu pada teman-teman kampus, kost, dan lainnya untuk mencobanya
dengan membawa Lumpia mini tersebut ke kampus, utamanya jik asedang ada kuliah
di kampus pasca sarjana, karena disana tidak ada kantin, sehingga kemungkinan
besar teman-teman bisa mencobanya.
·
Setelah satu minggu pertama kami mulai akan
menjajakan dengan cara menitipkan ke sekolah-sekolah dan warung, rumah makan di
daerah kota Malang, tentunya kami akan memilih sekolah mana, serta warung yang
akan dipilih sebagai tempat penitipan.
·
Minggu kedua kami akan menjual Lumpia mini
Semarang tersebut ke pasar minggu kota Malang, secara bergantian kami
menjualnya ke pasar Minggu kota Batu, untuk menilai lebih ramai mana diantara
pasar yang hanya berjualan di hari minggu tersebut. Kami memilih pasar minggu
karena dihari tersebut warga malang akan banyak berkunjung untuk jalan-jalan,
dan mencicipi jajanan-jajanan pasar.
V.
Kompetitor
Memilih Lokasi
di Psar Minggu tentunya tidak mudah, meskipun kemungkinan keuntungan yang
diperoleh adalah besar. Karena, penjual makanan, mulai dari makanan yang kelas
berat hingga ringan sangat banyak dan bermacam-macam.
ANALISIS
SWOT
Strength
·
Lumpia merupakan jajanan yang diminati banyak orang di semua kalangan
masyarakat.
·
Mudahnya untuk mendapatkan bahan baku.
· Semakin banyak penyakit yang timbul dikalangan masyarakat,
dikarenakan makanan yang kurang sehat. Disini kami menawarkan makanan yang
sehat dengan harga yang terjangkau.
Weakness
·
Varian yang banyak membuat konsumen bingung untuk membeli, karena mereka belum
tentu paham benar mengenai perbedaan tiap produk.
·
Terbatasnya tenaga kerja yagn mengerti tentang bahan baku lumpia, karena lumpia
satu dengan lainnya mempunyai isi yang berbeda
Opportunity
· Belum adanya lumpia yang berasal dari Semarang yang
dijajakan di pasar Minggu, maupun ditempat lain.
· Kami ingin mewujudkan keinginan para pecinta Lumpia
Semarang di Kota Malang.
· Letak stand kami, dekat dengan parkiran membuat orang-orang
yang akan masuk melirik stand kami.
Threat
· Banyaknya toko disekitar gerai kami yang juga menjual
makanan. Mereka bisa menjadi pesaing kami dalam hal mendapatkan pelanggan.
· Kenaikan harga bahan pangan yang tidak menentu, sehingga
mempengaruhi harga dari produk yang kami tawarkan.
· Tingkat kebosanan konsumen.
VI.
Perhitungan Usaha
Modal
Rp.
250.000,-
Profit
Bahan
: untuk 100 biji
Rebung
4 kg, dengan perhitungan 1 kg untuk 25 biji =
4.000/kg
Ayam
1 kg = 20.000
1
ikat daun bawang =
4.000
Bumbu
dapur (Mrica, bawang, garam, penyedap rasa) = 3.000
Kecap
manis = 13.000
Kulit
Lumpia kering @12.000 = 12.000 untuk 40 lembar
Kulit
lumpia Basah untuk dadaran sendiri :
Telur ½ kg =
12.000
Terigu
2 kg = 15.000
Penyedap
Rasa (Masako)/garam =
2.000
Putih
telur untuk kulit lumpia =
2.500
Gas
LPG untuk memasak = 13.500
Plastik =
3.000
Cabe
lalap =
5.000
Saos
Lumpia
Tauco
¼ kg =
6.000
Bawang,
garam, penyedap rasa = 5.000
Jumlah = Rp. 158.000,-
info bisnis online gan
BalasHapusokeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
daftar grtais dr Url sya
untuk info lanjut 082166643133
It's better to make your own business than go to work many years. Study, take the experience of others and you will be successful. Look in here proof-reading.services You will succed.
BalasHapus